SELAMAT DATANG DI BLOGS EDUCATION AND SCIENCE SEKOLAH SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU YANG MEMPUNYAI VISI TERWUJUDNYA SDM YANG CERDAS, INTELEKTUAL, MENGUASAI IPTEK DAN IMTAQ BERWAWASAN LINGKUNGAN, KEBANGSAAN SERTA KOMPETITIF DI ERA GLOBALISASI

3 Jenis Pasar

      Adapun pasar yang dibahas disini adalah 3 Pasar Utama yaitu :

  1. Pasar Barang dan Jasa, yaitu pertemuan antara permintaan dan penawaran barang dan jasa. Dalam perekonomian tertutup permintaan utamanya brasal dari sektor rumah tangga dan pemerintah, permintaan tersebut umumnya merup. Permintaan barang dan jasa akhir.
  1. Pasar Tenaga Kerja, yaitu interaksi antara permintaan dan penawaran tenaga kerja. Dalam perekonomian tertutup penawaran tenaga kerja berasal dari sektor rumah tangga, sedangkan permintaan bersal dari sektor perusahaan dan  pemerintah. Dalam perekonomian terbuka permintaan tenaga kerja juga berasal dari luar negeri.
  1. Pasar Uang dan Modal, Yangg diperjualbelikan dalam pasar uang adalah bukan fisik uang melainkan hak penggunaan uang. Jika hak penggunaan uang yg diperjualbelikan adalah setahun atau kurang, maka pasar tersebut masuk kategori pasar uang (money market). Jika hak penggunaan uang yang diperjualbelikan lebih dari setahun maka pasar tersebut adalah pasar modal (capital market). Agar alokasi sumber daya keuangan lebih efisien maka dibutuhkan lembaga perantara keuangan yang berfungsi mempertemukan permintaan dan penawaran uang, seperti : Perbankan dan lembaga keuangan bukan perbankan.

No comments:

Post a Comment